Kamis, 23 Agustus 2007

3T Kunci Pertolongan Allah

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.[QS Al-Baqarah:222]
Ada satu berita yang hampir setiap hari muncul di media cetak atau elektronik. Yaitu berita tentang penderitaan, bencana dan kesulitan hidup akibat krisis ekonomi. Ribuan bahkan jutaan orang jatuh miskin. Kenyataan tersebut sebenarnya terjadi di sekitar kita. Bahkan boleh jadi menimpa kita.Menjalani ikhtiar untuk memperbaiki hidup adalah suatu kewajiban. Namun ada satu hal yang tak boleh kita lupakan, yaitu "kembali kepada Allah". Semua yang ada dan semua yang terjadi, multak ada dalam genggaman Allah. Karena itu, di tengah kondisi yang kurang mengenakkan, sudah selayaknya kita kembali kepada-Nya. Menguatkan kembali kedekatan dan menggantungkan harapan hanya kepada-Nya. Selain Allha hanya sekedar jalan atau perantara saja.
Ada tiga kunci pembuka datangnya pertolongan Allah. Yaitu rumus 3T.
T1=TOBATPertolongan Allah akan tercurah kepada orang-orang yang mau merendahkan diri dan mengakui segala kesalahannya di hadapan Allah. Tobat bisa diumpamakan membersihkan mangkuk berlumur noda, sebelum mangkuk itu diisi makanan. Tak berarti makanan selezat apa pun, bila mangkuk yang menampungnya penuh noda. Demikian pula jiwa manusia. Tidak berarti amal kebaikan, bila jiwa kita kotor karena dosa. Dan pembersih dosa adalah tobat.Tobat adalah jalan meraih kebahagiaan dan cinta Allah. Difirmankan, Bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung [QS An Nur:31]. Juga dalam [QS Al-Baqarah:222] Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri. Maka pantas kalau Rasulullah bertobat tak kurang dari 70 kali sehari.Ada 4 syarat tobat, yaitu:1. menyesal dengan sebenarnya, seperti penyesalan seorang ibu yang membunuh anaknya.2. eksplisit memohon ampun kepada Allah3. tidak mengulanginya lagi4. mengiringinya dengan amal shalih
T2=TAATSiapapun yang ingin ditolong oleh Allah, setelah taubatan nasuha, maka ia harus bersunguh-sungguh taat kepada Allah. Tingkatkan ibadah. Jangan sia-siakan salat berjamaah di masjid, sempurnakan dengan tahajud, dhuha dan rawatib. Perbanyak sedekah, santuni orang miskin. Biasakn shaum sunnat, khususnya Senin Kamis atau Daud. Pokoknya , laksanakan semua ibadah yang dicintai Allah Azza wa Jalla. Semakin dekat kita dengan Allah, insya Allah akan semakin dekat pula datangnya pertolongan dan kebahagiaan hidup.
T3=TAWAKALSaudaraku, baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah. Maka apa pun yang kita lakukan, serahkan semuanya kepada Allah. Jangan terlalu yakin dengan kehebatan dan kepintaran diri. namun yakinlah seratus persen akan kehebatan dan kemahaluasan ilmu-Nya Allah.Dalam [QS Ath Thalaaq:2-3], Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.
[MQ Tabloid:no8vol7Ags2006]

Tidak ada komentar: