Selasa, 04 Desember 2007

Muslim Scientist: The Pioneer

Inilah bukti bahwa ilmuwan muslim adalah seorang pelopor!

1. Yang diketahui umum:
Orang pertama yang mengemukakan ‘manusia dalam penerbangan’ adalah Roger Bacon, filsuf Inggris yang menggambar peralatan terbang pada abad 13M. Leonardo da Vinci, orang Italia yang kemudian mengkonsep alat transportasi udara dan menggambar beberapa mesin terbang pertama.
Fakta:
Ibnu Firas, seorang Muslim Andalusia telah mendesain, mengkonstruksi, dan bahkan telah menguji mesin terbang pada tahun 800M. Roger Bacon belajar dari karya Ibnu Firas tentang desain mesin terbang yang berbahasa Arab. Bacon menggambar mesinnya 500 tahun sesudah wafatnya Ibnu Firas, dan da Vinci menggambar heli bertenaga manusia 700 tahun kemudian.
2. Yang diketahui umum:
Cermin kaca diproduksi pertama kali di Venesia pada 1291M
Fakta:
Cermin kaca sudah digunakan di Andalusia di bawah pemerintahan Bani Umayyah sebelum abad XI M. Orang-orang Venesia belajar ilmu produksi kaca dari Damaskus pada abad IX – X.
3. Yang diketahui umum:
Hingga abad XIV, satu-satunya tipe jam adalah jam air. Barulah pada tahun 1335 di Milan , Italia, jam mekanik pertama diciptakan.
Fakta:
Berbagai macam tipe jam dengan segala ukuran sudah diproduksi oleh insinyur-insinyur muslim di Spanyol. Orang-orang Italia belajar dari terjemahan manuskrip-manuskrip Arab tentang gravitasi dan mekanika.
4. Yang diketahui umum:
Pada abad 17M, Galileo Galilei untuk pertama kalinya mengembangkan konsep pendulum (bandul) saat di masih belia.
Fakta:
Ibnu Yunus Al Mashri di Kairo menemukan pendulum pada abad ke-10 M. penggunaan bandul dalm jam diperkenalkan oleh fisikawan muslim sejak abad ke-15 M.
5. Yang diketahui umum:
Mesin ketik dan alat cetak yang portable ditemukan oleh Johanes Guttenberg di Jerman pada abad ke-15 M.
Fakta:
Seratus tahun sebelum Guttenberg pada tahun 1454 mengembangkan mesin cetak yang mengesankan dunia barat, alat sejenis telah lazim digunakan di dunia Islam.
6. Yang diketahui umum:
Studi Sir Isaac Newton tentang lensa, cahaya, dan prisma pada abad ke-17 adalah pondasi dari ilmu optika modern.
Fakta:
Pada abad ke-11, Ibnu Haitsam telah merumuskan semua hal yang diselediki oleh Newton. Fisikawan besar muslim ini mendobrak pandangan Aristoteles bahwa kita bisa melihat karena cahaya yang keluar dari mata kita.
7. Yang diketahui umum:
Newton di abad ke-17 mengatakan bahwa sinar putih adalah kombinasi bermacam warna.
Fakta:
Ibnu Haitsam, pada abad ke-11 sudah menuliskan dan menggambarkan spektrumnya kemudian dilengkapi oleh Kamal El Din pada abad ke-16. Newton memang mempunyai banyak penemuan, tetapi tidak untuk hal yang satu ini.
8. Yang diketahui umum:
Ilmu trigonometri beasal dan berkembang dari Yunani.
Fakta:
Memang, keunikan segitiga diketahui di Yunani. Namun pengembangan trigonometri hingga menjadi seperti sekarang dilakukan oleh ilmuwan muslim. Kata Sin (tanpa ‘us’, -us adalah tambahan lafal dalam terjemahan Latin), Cos dan Tan semuanya berasal dari bahasa Arab.
9. Yang diketahui umum:
Orang pertama yang menggunakan simbol aljabar adalah matematikawan Prancis, Fransiscois Vieta. Pada tahun 1561, ia menggunakan x dan y dalam buku aljabarnya untuk menyatakan persamaan dengan lambang huruf.
Fakta:
Penggunaan variabel dalam menyatakan persamaan telah digunakan Al Khawarizmi pada abad ke-9. variabel x misalnya, adalah penyederhanaan simbol dari huruf arab “syin”. Buktinya Xavier tetap dibaca Syavier dan Xanana dibaca Syanana.
10. Yang diketahui umum:
Persamaan kubik (pangkat tiga) belum dapat dipecahkan sampai abad ke-16 saat Niccolo Tartagila mengajukan suatu formula untuk memecahkannya.
Fakta:
Persamaan kubik, bahkan persamaan pangkat banyak (polinomial) telah dirumuskan formulasi dan pemecahannya oleh ilmuwan muslim di abad ke-10.
11. Yang diketahui umum:
Pada tahun 1614, Jhon Napier menemukan konsep logaritma dan menyusun tabelnya.
Fakta:
Table logaritma sudah sangat akrab digunakan di dunia Islam pada abad ke-13.
12. Yang diketahui umum:
Pada abad ke-17, matematikawan Prancis Rene des Cartes menyatakan bahwa aljabar dapat digunakan untuk emmecahkan masalah geometri. Ia disebut sebagai ahli terahli dalam masalah geometri.
Fakta:
Di abad ke-9, Tsabit bin Qurrah menuliskan pernyataan serupa. Kemudian Abdul Wafa’, bahkan menyusun sebuah textbook aljabar yang menyederhanakan masalah geometri.
13. Yang diketahui umum:
Kompas ditemukan orang Cina dan mereka sudah menggunakannya antara tahun 1000-1100. Referensi pertama tentang penggunaannya dalam navigasi ditulis Alexander Neckam (1157-1217).
Fakta:
Gustav Le Bon sendiri mengakui bahwa jarum magnet dan kompas ditemukan oleh orang muslim dan orang Cina hanya sedikit yang berhubungan dengan hal ini. Para pelaut Eropa pun masih menggunakan navigator muslim dalam aneka penjelajahan di abad selanjutnya. Neckam sperti halnya orang Cina, kemungkinan besar belajar dari interaksi dan literatur navigasi Islam.
14. Yang diketahui umum:
Robert Boyle pada abad 17 menemukan dan mengembangkan ilmu kimia.
Fakta:
Al Kemi adalam ilmuwan Islam serta Ar razi Al Jarjari, Al Biruni, Al Kindi dan Jabir ibnu Hayyan memunculkan eksperimen kimia 700 tahun sebelum Boyle. Ini semua diakui oleh ilmuwan barat, Durant dan Humboldt.
15. Yang diketahui umum:
Leonardo da Vinci pada abad ke-16 digelari Bapak Ilmu Geologi karena pernyataan sederhananya: “Berbagai fosil yang ditemukan di gunung-gunung menunjukkan bahwa bumi ini pada mulanya tertutupi oleh air.
Fakta:
Al Biruni bahkan jauh sebelum da Vinci pada abad ke-11 meneliti dan menyimpulkan hal ini. Ia menambahkan argument-argumen lain dan banyak lagi poin penting. Tampaknya da Vinci belajar dari literatur terjemahan Arab-Latin. Sayang sekali, ia tak menambahkan apapun, sekedar mengutip (copy paste) dan tidak lengkap pula.
s





Tidak ada komentar: